6 Hard Skill Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja, Fresh Graduate Wajib Tau!

Dewasa ini bagi para pelamar kerja terkhusus fresh graduate perlu sekali menguasai berbagai hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sebab, di zaman yang serba dinamis ini kebutuhan akan sesuatu terkadang menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. 

Sebenarnya apa pentingnya memiliki hard skill di hari ini, sih? Secara umum, keahlian akan sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Dari pernyataan tersebut bisa kita bayangkan ya sob bagaimana jadinya jika seseorang tidak dibekali dengan hard skill maupun soft skill

Selain itu, keberadaan hard skill yang identik dengan kemampuan intelegensi atau IQ akan menuntun Anda dalam menentukan jenis pekerjaan di masa mendatang, hard skill pun kerap kali menunjukan kredibilitas seseorang pada suatu pekerjaan. Dengan begitu hard skill pasti mempunyai nilai tersendiri bagi suatu perusahaan. 

Nah, pada artikel kali ini akan kami paparkan mengenai 6 hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja? Kira-kira apa saja ya,sob? Simak terus jangan sampai terlewat ya!

Hard Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Salah satu kunci yang harus Anda pegang saat masa pencarian kerja adalah adanya pemahaman terkait skill, sob. Tak hanya soft skill saja, tetapi perlu diimbangi dengan hard skill. Fokus artikel kali ini adalah memaparkan mengenai berbagai jenis hard skill yang perlu Anda asah dan kuasai untuk menunjang performa Anda di dalam dunia kerja. 

1. Kemampuan Berbahasa Asing

Hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja urutan pertama adalah kemampuan berbahasa. Skill ini juga berkesinambungan dengan kemampuan berkomunikasi pada soft skill. Kebutuhan akan bahasa sangat diperlukan, bukan hanya untuk Anda yang bekerja di luar negeri melainkan pekerja dalam negeri juga membutuhkannya. 

Bahasa asing yang lazim digunakan oleh global adalah bahasa inggris, posisinya sebagai bahasa internasional wajib Anda kuasai agar dapat bersaing di dunia kerja yang sesungguhnya. 

Hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja urutan pertama adalah kemampuan berbahasa. Sumber Istock
Ilustrasi kemampuan hard skill berbahasa asing. Sumber Istock

Selain itu Anda juga perlu akrab dengan kemajuan teknologi hingga globalisasi yang semakin dinamis perkembangannya. Saring untuk semua kemajuan yang ada agar Anda tidak salah melangkah ya, sob! Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kursus bahasa inggris untuk memperdalam kemampuan reading, listening, writing, dan speaking. 

2. Kemampuan Analisis Data

Hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja kedua adalah pada sebagian instansi atau pekerjaan pada saat ini sudah mengandalkan data sebagai acuan untuk suatu aktivitas. Untuk itu, banyak sekali perusahaan yang mencari pelamar kerja dengan kemampuan data analisis. 

Contoh mudah langkah analisis pasar adalah adanya kemampuan mencari, membaca, dan menyajikan data, kemudian dibarengi dengan kemampuan data analisis untuk membuat suatu laporan, memprediksi peluang, serta membaca langkah yang perlu dilakukan di masa depan. Untuk memiliki kemampuan ini Anda dituntut memiliki pemikiran yang kritis dan logis.

3. Kemampuan Administratif

Hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja selanjutnya adalah terkait kemampuan administrasi. Kerap kali kemampuan ini dianggap enteng atau remeh di dalam suatu organisasi sehingga perusahaan. 

Hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah terkait kemampuan administrasi. Sumber Istock
Ilustrasi kemampuan hard skill administrasi. Sumber Istock

Padahal nyatanya, kemampuan administrasi dapat menjadi refleksi Anda atau perusahaan mengenai bagaimana cara mereka mengelola pekerjaan. Apakah nantinya pekerjaan tersebut diselesaikan dengan baik, sistematis, dan terorganisir. Hasil itu tergantung pada kemampuan Anda ya, sob! 

4. Kemampuan Operasi Tools

Berikutnya hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk mengoperasikan berbagai tools, tentunya sesuai dengan bidang yang Anda tekuni. Untuk melatih hal ini selain mengikuti kursus Anda juga bisa mengakses video-video yang tersedia di internet. 

Sebagai contoh, jika Anda adalah seseorang yang berprofesi di bidang SEO maka perlu sekali bagi Anda untuk menguasai berbagai tools SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, Semrush, Ubersuggest, Ahrefs dan lain sebagainya.

Hard skill satu ini juga sering disyaratkan oleh perusahaan bagi para pelamarnya. Hal umum yang biasanya disyaratkan adalah kemampuan mengoperasikan komputer, sosial media, hingga mengoperasikan berbagai perangkat lunak di dalamnya. 

5. Content Creating

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin masif berbagai aspek dalam dunia kerja kini mengalami digitalisasi bisnis. Salah satunya adalah content yang digunakan dalam sarana promosi suatu perusahaan.

Content yang dibuat oleh content creator dapat menjadi poros dalam sebuah brand, perorangan, maupun instansi. Content berbentuk gambar, video, hingga tulisan nampaknya kini semakin banyak digunakan salah satunya untuk menciptakan branding yang kuat di era digitalisasi hari ini.

Content creating menjadi hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sumber Istock
Content creating menjadi hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sumber Istock

Sebagai contoh desain, desain sendiri tidak terbatas hanya untuk website atau portal online saja, namun mulai merambah ke bidang fashion hingga furniture. Terbukti dengan sentuhan dan unsur desain mampu meningkatkan nilai jual pada suatu barang. 

6. Digital Marketing

Masih berkaitan dengan poin nomor 4 digital marketing hari ini juga membutuhkan banyak content creator untuk menciptakan berbagai bahan untuk dijadikan bahan dalam pemasaran. Pemasaran dengan digital marketing biasanya melalui channel digital seperti website, digital ads, dan media sosial. 

Untuk itu Anda perlu menyusun strategi marketing jitu agar Anda dapat memasarkan produk, layanan, hingga brand secara optimal Anda dapat meningkatkan brand awareness sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap leads dan conversion. 

Nah, jadi itulah pembahasan mengenai 6 hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sudah tergambar soal hard skill yang perlu Anda kuasai? Bagi Anda yang masih belum sepenuhnya menguasai hard skill tersebut silahkan mengikuti kursus tambahan supaya kualitas dan performa Anda semakin mumpuni. Seperti kursus otomotif dalam dunia otomotif, dan masih banyak lagi. Practice makes perfect, semoga bermanfaat! 

Leave a Comment