5 Faktor Penting Memaksimalkan Peluang Bisnis Cafe Di Jogja

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, peluang bisnis cafe di Jogja bisa dibilang cukup besar. Mengapa? Sebab populasi anak muda sebagai mahasiswa di Jogja cukup banyak. Mereka butuh tempat nongkrong dan kumpul-kumpul dengan sesama. Maka, cafe mulai merebak di kota pelajar ini.

Semakin banyaknya cafe di kota Jogja, persaingan akan semakin ketat. Tak heran ada cafe yang ramai penuh sesak, ada juga yang sepi pengunjung. Jika Anda berminat membuka dan mengelola usaha cafe di kota Jogja, Anda perlu menyiapkan diri. Kumpulkan ide, inspirasi, dan wawasan sebelum memulainya.

Mengapa Kota Jogja? 

Kota Jogja dikenal sebagai kota pelajar. Banyak sekolah dan kampus yang berlokasi di kota ini. Pelajar, mahasiswa, dan dosen membutuhkan tempat yang tepat kumpul untuk rapat, mengerjakan tugas, diskusi, dan keperluan lain. Selain perpustakaan, cafe jadi tempat yang pas dengan jam buka lebih longgar dan kudapan yang enak.

5 Faktor Penting Memaksimalkan Peluang Bisnis Cafe Di Jogja
Ilustrasi anak muda memesan kopi. Sumber: Istockphoto.com

Selain itu, Jogja juga menjadi pusat pariwisata dengan begitu banyak objek wisata. Banyak orang yang mengunjungi Jogja, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi di masa-masa liburan. Tidak hanya berwisata, mereka juga mencari tempat makan dengan suasana unik dan berbeda. Ini bisa jadi peluang emas untuk Anda.

Jogja juga memiliki kekayaan kuliner dan tradisi kopi yang mengakar. Mulai dari gudeg, sate klathak, dan beraneka jenis kopi. Kekayaan kuliner ini menjadi daya tarik wisatawan ke Jogja. Tidak salah juga jika Anda menghadirkan menu-menu tradisional khas Jogja di cafe Anda. Apalagi jika suasananya menyenangkan. 

Memahami Gambaran Umum Bisnis Cafe

Mari kita pahami gambaran umum bisnis cafe sebelum membahas peluang bisnis cafe. Sebagai salah satu jenis usaha, cafe bisa dibilang menjanjikan dan memiliki prospek yang baik. Terlebih jika di buka di kawasan yang memiliki target market yang tepat, misalnya kota Jogja dengan anak sekolah dan mahasiswa sebagai pasarnya.

Untuk membuka bisnis cafe, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang esensial. Sebut saja, lokasi, target pasar, konsep, manajemen keuangan, kualitas hidangan, tak lupa teknik dan strategi pemasaran yang efisien dan efektif. Berikut beberapa faktor penting tentang bisnis cafe yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

1. Pilih Lokasi yang Strategis dan Terjangkau

Menentukan lokasi bisa jadi langkah awal untuk memulai bisnis cafe. Lokasi juga menentukan keberhasilan suatu bisnis cafe. Jika Anda ingin memulai bisnis cafe di Jogja, Anda bisa mempertimbangkan lokasi seperti pusat wisata, kawasan kuliner dan perbelanjaan, kampus, stasiun dan bandara.

5 Faktor Penting Memaksimalkan Peluang Bisnis Cafe Di Jogja
Bangun cafe dilingkungan padat anak muda. Sumber: Istockphoto.com

Jogja memiliki banyak pusat wisata budaya, sejarah, maupun  alam. Kawasan ini cocok untuk menjadi lokasi cafe Anda. Begitu juga dengan kawasan kuliner dan perbelanjaan di mana banyak turis maupun warga lokal. Apalagi kampus, stasiun, dan bandara dengan mobilitas yang cukup tinggi.

2. Peluang Bisnis Cafe Dengan Riset Pasar

Setelah menentukan lokasi, Anda sebaiknya memulai riset pasar. Terutama untuk target  pasar Anda. Setiap lokasi memiliki target pasar yang berbeda satu sama lain dan membutuhkan treatment yang berbeda. Misalnya, cafe di dekat kantor modern memiliki pelanggan berbeda dengan kawasan kampus.

Hasil riset pasar juga akan menentukan menu dan rentang harga untuk cafe Anda. Untuk cafe di kawasan kampus, Anda sebaiknya menawarkan menu yang murah dan mengenyangkan. Untuk perkotaan, Anda bisa tawarkan beraneka kopi dan hidangan yang cocok untuk meeting dan rapat.

3. Tentukan Konsep dan Tema Cafe

Konsep dan tema jadi salah satu daya tarik cafe, termasuk cafe yang ada di Jogja. Kota pelajar ini memiliki banyak cafe dengan konsep dan tema yang beraneka. Tentu saja punya market dan pelanggan tersendiri. Jika Anda ingin membuka cafe, hal ini perlu Anda perhatikan.

5 Faktor Penting Memaksimalkan Peluang Bisnis Cafe Di Jogja
Temukan tema cafe yang ingin Anda kembangkan. Sumber: Istockphoto.com

Berangkat dari hasil riset, Anda bisa tentukan konsep dan tema cafe Anda. Selain mempertimbangkan selera Anda, cek juga apakah konsep dan tema cafe yang Anda usung sudah tersedia atau belum. Kemudian, alokasikan anggaran untuk mendukung konsep dan tema cafe yang Anda pilih.

4. Memaksimalkan Fasilitas Cafe untuk Jadi Magnet Pelanggan

Mahasiswa dan pelajar kota Jogja datang ke cafe dengan beraneka tujuan. Mulai dari mengerjakan tugas, nongkrong dengan teman-teman, atau sekadar menghabiskan waktu. Anda perlu melihatnya sebagai peluang untuk meningkatkan kualitas cafe Anda.

Fasilitas dan layanan yang menarik akan membuat pelanggan betah di cafe Anda. Pastikan cafe Anda  memiliki koneksi internet yang kuat. Kursi, meja, dan atmosfer cafe perlu Anda  atur sedemikian rupa untuk menciptakan suasana yang nyaman. Pelanggan cafe Anda pasti akan semakin banyak.

5. Tingkatkan Promosi dan Layanan di Cafe dan Pesan Antar

5 Faktor Penting Memaksimalkan Peluang Bisnis Cafe Di Jogja
Ilustrasi pegawai salah satu cafe Jogja. Sumber: istockphoto.com

Salah satu hal yang membuat sebuah cafe terkenal adalah banyaknya promosi dan layanan yang menguntungkan para pelanggan. Apalagi jika target market Anda adalah mahasiswa dan pelajar kota Jogja. Mereka kerap berburu promo dari cafe ke cafe. Adakan promo yang menarik.

Buatlah promosi pada event-event tertentu, misalnya Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, atau Hari Ulang Tahun Kota Jogja. Berikan pula layanan terbaik. Tidak hanya layanan bagi pelanggan di cafe, tapi juga layanan bagi pelanggan yang memesan lewat aplikasi. Itu bisa meningkatkan performa loh!

Demikian sedikit ulasan mengenai peluang bisnis cafe di Jogja. Pastikan Anda telah  mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum membuka cafe, terutama jika Anda ingin membuka cafe di kota Jogja. Kuatkan juga dengan cara promosi dan strategi pemasaran dan juga manajemen yang baik. Simak ulasan lainnya!

Leave a Comment