Ingin Segera Dilirik HRD? Berikut 8 Cara Membuat CV Kerja Yang Menarik

Sebagai seorang jobseeker tentunya ingin segera mendapat panggilan interview oleh seorang recruiter. Untuk itu Anda perlu mempelajari bagaimana cara membuat CV kerja yang menarik, karena hal tersebut merupakan kunci utama untuk mendapatkan perhatian dari HRD kemudian akan mendapatkan kesempatan wawancara.

Sebagai seorang pencari kerja apalagi fresh graduate perlu untuk mengetahui dasar dalam pembuatan curriculum vitae atau biasa kita sebut CV. Anda bisa membuatnya melalui laptop, pc maupun melalui handphone. 

Cara Membuat CV Kerja Yang Menarik

Sudah kita ketahui, teknologi komunikasi dan informasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sangat mudah mengakses hal apapun termasuk informasi mengenai cara membuat CV kerja yang baik dan benar. Anda bisa membuatnya dengan berbagai template yang tersedia secara online, berikut ini caranya.

1. Buatlah CV Secara Singkat, Padat, dan Jelas

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan CV yang menarik yaitu dengan membuatnya secara singkat, padat, dan juga jelas. Ringkaslah CV secara baik dan benar, tidak boleh mencapai lebih dari dua halaman. Karena hal tersebut akan membuat HRD malas untuk membacanya.

Anda bisa memasukkan berbagai data diri secara singkat namun jelas dan mudah dimengerti. Selain itu cantumkan mengenai deskripsi diri Anda, isi dengan pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika sudah pernah bekerja. Masukkan juga kelebihan-kelebihan diri Anda secara menarik dan jelas agar mendapatkan notice dari recruiter.

2. Mencantumkan Pengalaman Yang Relevan

Ingin Segera Dilirik HRD? Berikut 8 Cara Membuat CV Kerja Yang Menarik
Tuliskan jenis pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang hendak dilamar. Sumber: Istockphoto.com

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencantumkan pengalaman secara relevan. Untuk memasukkan pengalaman yang Anda miliki pun harus dipilih terlebih dahulu, cantumkan pengalaman yang berhubungan dengan posisi yang ingin dilamar agar relevan.

Pengalaman yang dicantumkan tersebut bertujuan supaya CV Anda memiliki nilai tambah ketika di cek oleh recruiter. Apabila Anda seorang mahasiswa yang baru menempuh pendidikan atau fresh graduate bisa cantumkan mengenai soft skill dan hard skill yang dikuasai selama di bangku perkuliahan.

3. Gunakan Format Yang Rapi

hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam pembuatan CV yaitu dengan menggunakan format yang rapi agar mudah untuk dibaca oleh recruiter. Gunakan format yang rapi yaitu dengan tata letak yang terstruktur.

Untuk susunan yang dicantumkan dalam penulisan CV diantaranya seperti informasi atau data diri, pendidikan, pengalaman, keahlian atau skill yang dikuasai dan lain-lain. Dengan susunan yang terstruktur akan lebih memudahkan HRD dalam membaca ringkasan CV yang Anda tulis. 

4. Cek Tata Bahasa Yang Digunakan

Cara membuat CV kerja menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengecek tata bahasa serta ejaan yang digunakan. Apapun bahasa yang digunakan dalam penulisan CV, hindari kesalahan penulisan ejaan atau typo serta grammar, baik itu bahasa indonesia, bahasa inggris, atau yang lainnya.

Ingin Segera Dilirik HRD? Berikut 8 Cara Membuat CV Kerja Yang Menarik
Gunakan bahasa yang sopan dan tidak berlebihan pada cv. Sumber: Istockphoto.com

Periksalah mengenai ejaan serta tata bahasanya, karena jika terdapat kesalahan hal tersebut akan bernilai negatif ketika diperiksa oleh HRD. Untuk menghindari adanya kesalahan, Anda bisa membaca CV yang sudah ditulis secara seksama dan teliti.

5. Perhatikan Penggunaan Font

Selain memperhatikan mengenai tata bahasa, Anda juga harus memperhatikan font yang digunakan untuk penulisan CV. Anda tidak boleh secara asal-asalan menggunakannya, pilihlah font yang profesional yang bisa dibaca. Hal tersebut dimaksudkan agar recruiter tidak pusing ketika melihat CV Anda.

Perlu untuk diketahui font yang biasa dipergunakan yaitu calibri, arial, atau times new roman dengan berukuran antara 10 sampai 12. Penggunaan font ini harus diperhatikan, karena hal ini bertujuan supaya tidak membuat bingung atau pusing ketika dibaca oleh seorang HRD.

6. Mencantumkan Kontak Pribadi Yang Aktif

Cara membuat CV kerja yang menarik selanjutnya yaitu jangan lupa untuk mencantumkan kontak pribadi yang aktif. Anda bisa menambahkan no handphone serta email yang masih aktif. Hal tersebut bertujuan agar mempermudah recruiter ketika Anda lolos ke tahap berikutnya. Sehingga recruiter tidak akan kesusahan untuk menghubungi Anda.

Perlu diketahui pemberian email dalam CV pun perlu diperhatikan yaitu dengan menggunakan nama email yang profesional, seperti email dengan nama Anda. Hal tersebut dimaksudkan agar terlihat lebih sopan dan juga lebih bernilai profesional karena menyangkut soal perusahaan atau instansi yang Anda lamar.

7. Menggunakan Keyword Yang Relevan

Tak hanya pengalam yang relevan, rupanya ada cara membuat CV kerja yang menarik lainnya yaitu dengan memasukkan keyword yang relevan juga. Karena hal tersebut berkaitan dengan posisi yang akan dilamar. 

Ingin Segera Dilirik HRD? Berikut 8 Cara Membuat CV Kerja Yang Menarik
Keyword yang tepat akan membuat Anda mudah dapat kerja. Sumber: Istockphoto.com

Sebagai contoh ketika Anda akan melamar posisi SEO Specialist, hendaknya cantumkan keyword yang berhubungan dengan posisi tersebut seperti copywriter, content writer, SEO, dan lain sebagainya. 

8. Gunakanlah Desain Yang Menarik

Cara terakhir yang bisa dilakukan dalam penulisan CV yaitu dengan menggunakan desain yang menarik. Buatlah desain dengan sentuhan yang sederhana dengan menggunakan warna terbatas dan terlihat kalem.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan berbagai elemen visual agar terlihat lebih menarik. Hal ini akan membedakan CV Anda dengan pelamar yang lain, sehingga akan terlihat unik dan menarik di mata HRD. Selain itu, hal tersebut juga menjadi nilai plus karena Anda lebih kreatif dari yang lain.

Beberapa tips atau cara membuat CV kerja yang menarik di atas tentunya akan sangat berguna bagi Anda. Hal ini akan membuka peluang untuk dilirik HRD dan memberikan kesempatan untuk Anda dibutuhkan dalam posisi yang sedang dilamar. Selain mengetahui tips di atas Anda juga bisa melihat artikel menarik lainnya pada website ini bisnisnote.com.

Leave a Comment